Sunday, May 8, 2016

My first Japan Airlines Experience

Disclaimer: this is purely my opinion and based on my personal taste and experience. You may not have the same experience / opinion.

Narita, 8 Mei 2016

From the scale 1 to 10, I would say I give my first experience with JAL was 7. A little bit disappointed. Yah ini lah jeleknya gue, terlalu berekspektasi. Ngebayangin naik pesawat full board dan pesawat aselik sanah tuh akan waaahhh banget gitu. Haha nyatanya? Biasa aja. Why???

1. The food
Karena eh karena pesawatnya aseli Jepang, agak ngeri kalau ga advance pesen makanan halal. Kemudian pesenlah muslim food. Pas berangkat sih lumayan lah ya dikasih nasi rendang, walau sayurnya dingin dan kaya udah lamaaaa dan diangetin terus gitu. Tp alhamdulillah masih bisa dimakan, side dishnya pun cuma 1 yg gue ga bisa makan. Terus dapet yakult juga. Yakult buat muslim food sama punya orang sebelah beda. Buat gue made in sukabumi (kayaknya) yakult bapak sebelah made in Japan ahahaha.
 Kerupuk Udang Finna made in Suroboyo
Yang nda bisa aku makan itu sayur-sayur di sebelah kiri, yang tengah semacam papais disiram sirup marjan.
Nasi Rendang + Capcay anyep
Pas pulang ini horroorrr! Dikasih nasi + ikan dengan side dishnya semacam salad tapi rasa bunga. Bahkan tomatnya aja ga bisa gue makan. Terusss itu dessert kirain mah mangga dan rumput laut dan bisa dimakan. Ternyataaa~ Manissss bangetttt dan entah lah rasanya ga cocok aja di lidah gue. Dan rotinya, gue ga paham itu roti apa hati kamu yah? Keras banget.
Berusaha keras habisin ini biar ga kelaperan
Udah gitu minta eskrim (mayan Hรคagen-Dazs pas di pesawat pulang), ngga dikasih!!! Karena rikues special
meal muslim food, mba stewardess nya tapi ga try to explain kenapa gue ga boleh makan eskrim itu, betek langsung lah tidur aja jadinya (ngambek). Padahal mah di jakarta juga ada Hรคagen-Dazs. Sedih aja ga dibagi sama mba nya.

2. Pramugarinya
Hmm mungkin karena selama business trip selalu naik maskapai kebanggan Indonesia, yg pramugarinya selalu dapet award terbaik.. Naik JAL ini jadi merasa sungguh asing haha. Mereka nda se-ramah pramugari kita punya. Pas berangkat apalagi... Masa bapak jepang di sebelah ditawarin minum tambahan, gue ngga (anaknya irian). Terus seperti sudah dijelaskan di poin sebelumnya minta eskrim ga dikasih dan ga dikasihtau kenapa. Mereka juga bahasa inggrisnya kurang jelas.. Jadi yahhhh gitu lah...

3. Bagasi
Bahagianya kalau naik pesawat full board bukan low cost carrier adalah ngga perlu mengkhawatirkan bagasi. Dengan waktu pergi 10 hari, si gue pesimis sih bisa bawa carrier doang gitu secaraa anaknya rempez. That's why pilih naik JAL ini ketimbang AA (besides of the direct flight). Enaknya naik JAL itu boleh bawa bagasi 2 buah per bagasi maksimal 23kg! Buat yang niat belanja mungkin ini syurga~~ aku sih pulang dan pergi cuma 1 koper 28" dengan berat pas berangkat 20.5kg pas pulang nyaris 23kg.

4. Hiburan di dalam pesawat
Salah satu pertimbangan penting juga kenapa milih full-board bukan low cost. Lumayan sih 7 jam perjalanan kalau bengong2 doang ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Walau selama 7 jam pasti ada aja waktu yang dipake tidur, tapi ga mungkin kaann tidur melulu. Pilihan filmnya lumayan, ada Mockingjay dan Mockingjay 2 (bisa liat Katniss Everdeen aja bahagia), ada kartun-kartun baru juga lupa apaan. Pokoknya update lah.
Remotenya yang kugakngerti bisa apa ngga dilepasin
 Kemarin pas berangkat memilih nonton Adele 25 album first live performance. 
Mba Adele caem banget
Mba Adele lagi nyanyik All I Ask~~
Pas pulang nostalgia sama yayang Wenworth Miller, nonton Prison Break. Good choice JAL!

5. Kenyamanan selama di dalam pesawat
Hmmm berhubung belum terlalu banyak naik pesawat jauh-jauh (7 jam bagi saya jauh), JAL ngga bikin pegel-pegel kok. Dikasih bantal dan selimut (jadi nyesel bawa bantal leher). Ruang untuk kakinya pun cukup luas untuk saya yang berbadan jerapah ๐Ÿ˜ Kalau dibanding kelas ekonominya Asiana Airlines dan Cathay Pacific ruang antar kakinya kayaknya lebih luas. Ohya JAL ini baru menang 2015 best economy seat kalau ngga salah, jadi wajarlah kalau super comfy!

6. Gatenya jauuuuuh
Iya. Jauh banget. Apalagi pas baru sampai Narita itu gue harus ngejar bus ke Odaiba jam 17.15, jadi berasaa banget jauhnya. Landing jam 16.25 kemudian masih harus antri imigrasi (alhamdulillah ngga antri2 amat), lari-lari ambil pocket wifi, beli tiket bus dan ke toilet. Mungkin karena saking banyaknya pesawat di Narita, yang transit mau ke ameriki atau continent lainnyah.

Overall, kalau misalnya dijajarin JAL, ANA dan Garuda dengan harga yang sama si gue pasti bakal lebih pilih naik Garuda. Atau kalau misalnya naik JAL lagi nda usah rikues muslim food kali yahhh, pilih aja makanan yang seafood atau ayam. Masalah makanan ini penting karena 7 jam hanya mengandalkan apa yang disajikan si maskapai ๐Ÿ˜‚ eitherway I starved (kaya pas di pesawat pulang)~ Btw, semoga besok-besok harga tiket Garuda lebih bersahabat yah...

1 comments:

kadiulmen said...

Slots Casino Games - DrMCD
The ultimate guide to slot ์‹œํฅ ์ถœ์žฅ์ƒต games in Las Vegas, incl. the newest ์šฉ์ธ ์ถœ์žฅ๋งˆ์‚ฌ์ง€ games and ways to win! ์ฐฝ์› ์ถœ์žฅ์ƒต Best Slot ๋‹น์ง„ ์ถœ์žฅ์•ˆ๋งˆ Machines, Table Games, and ๊ฑฐ์ œ ์ถœ์žฅ์•ˆ๋งˆ Bingo Machines - Online Slots - Online

Post a Comment